Rabu, 28 Mei 2014

Berkompetisilah Secara Santun #PilPres2014




Tulisan kali ini gw akan membahas mengenai Pemilihan Calon Presiden Tahun 2014. Ya...tahun 2014 ini kita dihadapkan oleh pesta demokrasi Indonesia yaitu PEMILU yang dilaksanakan 2 kali yaitu Pemilu Legislatif yang akan memilih anggota dewan legislatif pada tanggal 9 April 2014 yang lalu dan Pemilu Presiden yang akan memilih Presiden dan Wakil Presiden pada tanggal 9 Juli 2014.

Seperti kita ketahui Hasil Pemilu Legislatif 2014 sbb:

PDI Perjuangan (PDIP) 18.95% , Partai Golkar 14.75%, Partai Gerindra 11.81%, Partai Demokrat 10.19%, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) 9.04%, Partai Amanat Nasional (PAN) 7.59%, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) 6.79%, Partai Nasdem 6.72%, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) 6.53%, Partai Hanura 5.26%, Partai Bulan Bintang 1.46%, PKP Indonesia (PKPI) 0.91% .


Nah tuh ... hasil Pemilu Legislatif 2014 yg gw ambil datanya dari web nya KPU, dari hasil tersebut setiap partai belum mencapai syarat sah untuk mengajukan Capres/Cawapres sehingga harus dilakukan yang namanya Koalisi. Hasil koalisi (Merah) bergabung dengan PDIP sebagai Partai Pemenang Pemilu, dan (Biru) bergabung dengan Gerindra sebagai partai yang mengusung Prabowo Subianto sebagai Capres, sedangkan (Hijau) partai demokrat bersikap Netral tidak bergabung dengan partai manapun. 

Dari hasil Koalisi tersebut maka saat ini kita dihadirkan oleh 2 Pasang Capres/Cawapres yaitu Joko Widodo/Jusuf Kalla dan Prabowo Subianto/Hatta Rajasa. Kali ini gw hanya ingin menyikapi mengenai pasangan Capres dan Cawapres yang akan bertarung di Pemilu Presiden pada tanggal 9 Juli 2014 nanti.

Indonesia itu negara besar: Wilayahnya, penduduknya, sumber dayanya, peran strategisnya, juga besar dalam dinamika persoalannya. Indonesia butuh pemimpin yang mampu membawa bangsa dan negara ini sesuai dengan harapan rakyatnya, Sejahtera, Aman dan Tentram. Gw sebagai rakyat dan juga pemilih, ikut menentukan seperti apa sosok dan model pemimpin untuk 5 Tahun kedepan karena salah satu pasangan dari mereka pasti jadi pemimpin. Kedua pasangan Capres/Cawapres telah melewati suatu proses politik yang tidak sederhana. Tidak sembarang orang bisa, melewati proses seleksi pribadi, seleksi dalam entitas sosial dan politik, serta pemenang dalam seleksi regulasi pemilu yang ketat. Pandanglah para Capres/Cawapres sebagai sosok-sosok yang luar biasa, calon pemimpin sejati yang dapat memenuhi harapan rakyat. Siapapun mereka.

Jangan giring mereka untuk saling bicara buruk dan berlaku bak sepasang gladiator yang akan saling memangsa dan membunuh. Mari kita beri panggung terhormat kepada Jokowi, Jusuf Kalla, Prabowo dan Hatta Rajasa sebagai calon-calon pemimpin bangsa. Beri jalan mereka untuk tunjukan kemampuan, komitmen dan keberpihakan secara maksimal agar rakyat tahu kebaikan-kebaikannya. Dan mana yang lebih baik.

Kita ini lagi memilih pemimpin negara, bukan sedang menonton panggung srimulat atau panggung gladiator. Karena saat ini kita dihadirkan oleh tontonan yang kurang mengasikan (menurut gw) saling nyinyir, saling sindir, saling cemo'oh, saling menghina satu sama lainnya. Rakyat disuguhkan oleh tontonan yang tidak seharusnya ditampilkan oleh sosok calon pemimpin bangsa ini.

Bertarung secara fair dan santun semestinya menjadi harga mati untuk para capres/cawapres, semestinya mereka juga mengingatkan kepada para Tim Suksesnya. Seharusnya mereka berfokus kepada adu ide dan program-program yang mumpuni, masih banyak PR yang harus dikerjakan untuk membawa Indonesia lebih baik. Tidak perlu memberikan tontonan yang sifatnya menghina, memfitnah, melakukan praktek-praktek kotor. Gw rasa rakyat sudah semakin cerdas. Dan yang kita saksikan saat ini sudah jelas, kita diberikan tontonan persaingan yang tidak sehat, "Kampanye Hitam" saling serang dan menghalalkan segala cara.

Bukannya menghadirkan perdebatan yang logis dan penuh argumentasi, memahami bersama keutuhan NKRI adalah HARGA MATI. Gw dan seluruh rakyat Indonesia pasti mempunyai harapan yang sama, Pemilu Presiden yang sehat, santun, cerdas, aman dan lancar. Tidak menyulut perpecahan.

Siapapun terpilih, hakikatnya pemenangnya adalah pemimpin untuk semua rakyat Indonesia dan yang kalah harus LEGOWO. 

Kita doakan pasangan Capres/Cawapres bisa melalui tahapan Pilpres dengan baik, dan jika terpilih jadilah PEMIMPIN SEJATI untuk RAKYAT INDONESIA.

"BERKOMPETISILAH DENGAN SANTUN"

Salam Indonesia Raya,
@awale77



Tidak ada komentar:

Posting Komentar